Kementan Pastikan Tidak Akan Keluarkan Rekomendasi Impor Cabe dan Bawang

By Admin

Foto: Ilustrasi  

nusakini.com - Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan tidak akan keluarkan rekomendasi impor untuk menambah pasokan cabe dan bawang.

"Stok bawang dan cabe men¬cukupi. Kami tidak akan ambil opsi impor," kata Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Agung Hendriadi, Sabtu (18//2/2017) Agung menilai, tingginya harga dan menurunnya pasokan cabe dan bawang semata-mata hanya masalah panjangnya rantai dis¬tribusi. Maka tidak tepat bila persoalan itu dijawab dengan impor.  

Kementan, lanjut Agung, terus berupaya memangkas rantai dis¬tribusi seperti mendirikan Toko Tani Indonesia (TTI). "Antara lain kami mendirikan Toko Tani. Ini untuk memangkas rantai dis-tribusi dan menjaga pasokan," ujarnya.  

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) juga menegaskan pemerintah tidak memiliki rencana impor. "Belum ada pikiran untuk membuka impor. Semua orang tahun cabe saat musim hujan rentan. Jadi itu faktor alam," ungkap JK.  

JK memastikan apabila ada cabe impor di pasaran maka komoditas tersebut ilegal. "Ka¬lau ada cabe impor itu pasti seludupan. Karena, pemerintah tidak mengeluarkan izin impor," tegasnya.(p/mk)